Kamis, 03 November 2016

Cara Membuat Tabel dan Form di Microsoft Office Access

Microsoft Office Access adalah program ini digunakan untuk perusahaan kecil dan juga rumahan. Melalui aplikasi ini Anda bisa mengolah data dengan Microsoft Jet Database Engine. Program ini juga bisa menampilkan grafis yang sempurna sehingga mudah dipahami pengguna. Pada postingan kali ini saya akan memberikan langkah-langkah untuk membuat tabel dan form di Ms Access.

A. Cara Membuat Tabel di Ms Access
 

Tabel adalah tempat untuk menyimpan data. Data yang ada di dalam tabel dapat kita manipulasi, kita lakukan operasi-operasi dasar database, kita urutkan datanya (men-sort), memperbaiki data yang telah terkumpul dan lain-lain. Jadi, fungsi dari tabel sebenarnya adalah sebagai tempat untuk menampung/menyimpan data yang kemudian dapat kita olah/proses. Berikut langkah-langkah membuat tabel di Ms Access secara sederhana :

1. Buka aplikasi Ms Acces dengan klik Start > All Programs > Microsoft Office > Ms Access

 

2. Pilih Blank Database lalu klik Create



3. Biasanya ketika telah membuat database baru, akan langsung muncul perintah untuk membuat tabel. Jika tidak ada, klik Create, pilih Table.

4. Isikan nama field-fieldnya beserta isi dari field-field tersebut





B. Cara Membuat Form di Ms Access
Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol dan lain-lain. Form dalam Access dapat dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form, biasanya jika kita bekerja dalam transaksi master detail. Salah satu interface yang disediakan oleh microsoft untuk mempercantik tampilan microsoft Access adalah dengan menggunakan Form. Berikut langkah-langkah membuat form di Ms Access:

1. Buka aplikasi Ms Acces dengan klik Start > All Programs > Microsoft Office > Ms Access

2. Pilih Blank Database lalu klik Create

3. Pada Menu Datasheet Pilih View dan kemudian Klik Design View


 

4. Setelah langkah Kedua di kerjakan, Maka tutup tabel1 untuk membuat tabel yang baru dengan cara mengklik Kanan pada Table1 lalu pilih Close.

 

5. Untuk membuat tabel baru maka Pilih menu Create setelah itu pilih Table Design


 


6. Setelah Tabel terbuka maka buatlah daftar Field Name yang ingin di kerjakan.Untuk lebih jelasnya lihat pada contoh gambar di bawah ini. Untuk Tanggal Lahir Data type di ganti dengan Date/Time sedangkan Jenis Kelamin, dan golongan darah di ganti dengan Lookup Wizard. Untuk yang lainnya Data Type tidak perlu diubah, tetap menggunakan Text.

 

7. Setelah memilih Lookup Wizard pada Data Type di Jenis Kelamin maka akan muncul tampilan layar seperti di bawah ini. Jadi yang harus dilakukan adalah pilih pilihan bagian bawah yang telah diberi tanda kemudian klik Next.


8. Langkah berikutnya yaitu pilihan Jenis Kelamin misal untuk Jenis Kelamin maka di masukkan pilihan Laki-laki dan Perempuan,lalu klik Next.


 

9. Berilah Judul sesuai yang di inginkan atau yang diperintahkan, kemudian Klik Finish. Begitupun untuk Golongan Darah lakukan hal yang sama seperti langkah-langkah Jenis Kelamin sebelumnya.


10. Untuk mengisi Field-Field yang telah dibuat maka pilih Design > View > Datasheet View




11. Tetapi sebelum itu akan muncul kotak dialog Save As untuk menyimpan dan mengganti nama tabel. Maka kita mengganti nama tabel dengan "Data Siswa" lalu klik OK.


 


12. Setelah nama kotak dialog telah diubah dan telah tersimpan. Masukkanlah data pada Field-Field tersebut seperti pada gambar di bawah ini.

 

13. Setelah data-data telah dimasukkan maka pilih menu Create > Form.



14. Setelah muncul form seperti pada gambar. Untuk melihat semua data-data yang di buat Klik bagian Pojok kiri yang telah di Lingkari pada gambar di bawah ini.





Semoga Bermanfaat~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar