Selasa, 01 November 2016

Materi E-learning Modul 5 : Pengelolaan Tabel

A. Membuat Tabel Sesuai Kebutuhan 

Tabel adalah kumpulan dari beberapa baris dan kolom yang membentuk kotak-kotak. tabel biasanya digunakan untuk membuat daftar atau list dari sebuah barang atau nama. Untuk membuat tabel pada microsoft word ikuti langkah-langkah berikut: 
1. Buka program microsoft office word



2. Setelah aplikasi sudah terbuka dan sudah muncul lembar kerja microsoft word 




3. Klik Insert pada menu bar lalu pada kolom tables klik anak panah kebawah setelah itu anda bisa memilih jumlah kolom dan baris yang diinginkan dengan mengeklik kotak-kotak

 

4. Atau anda juga bisa memilih insert table di bagian bawah kotak-kotak. Pada jendela insert table tentukan number of coloum dan number of rows. Kemudian klik OK

 
5. Jika anda sudah membuat tabel dan ternyata jumlah baris pada tabel anda masih kurang, anda bisa mengeklik tombol tab pada keyboard maka tabel akan bertambah secara otomatis dibawahnya.  





 B. Mengatur Ketebalan Garis, Memberikan Warna dan Menggabungkan Kolom dan Baris Sehingga Tampil Menarik
 


Mengatur Garis Tabel Menggunakan Tombol Border
Untuk mengganti atau menghilangkan border bisa kita lakukan dengan mudah dan cepat.
1. Misalkan ingin mengelompokkan 5 buah baris/data dengan cara menghilangkan garis datar (horizontal) yang menjadi pembatas baris

2. Kita sorot / blok terlebih dahulu sel atau baris yang akan diatur garis border nya. Kemudian klik ribbon Home lalu pada grup Paragraph klik tombol dropdown untuk Border. Dari daftar tombol pengaturan garis yang disediakan, klik tombol Inside Horizontal Border. Garis pembatas antar baris yang ada akan menghilang



Mengatur Garis Tabel Menggunakan Draw Borders
Kelebihan dari pengaturan garis dengan draw border adalah bisa mengganti warna dan jenis garis border yang akan digunakan. Berikut langkah-langkah dalam mengatur garis tabel menggunakan draw borders :
1. Pertama-tama klik pada tabel yang akan diubah. Hal ini perlu dilakukan untuk memunculkan ribbon Design pada Table Tools. Klik tab ribbon Design. Selanjutnya klik tombol dropdown pada Line Style



2. Pilih jenis garis yang akan digunakan pada tabel, misalkan pilih double lines(garis ganda). Kursor mouse akan berubah menjadi pensil , mulailah menggambar garis pada tabel. Tarik garis dari kanan ke kiri atau klik dari kanan lalu drag ke arah kiri lalu lepaskan. Garis tersebut akan berubah menjadi garis ganda (double). Saat proses dilakukan, akan melihat garis yang ada pada tabel akan ditandai.



Mengatur Garis Tabel Menggunakan Kotak Dialog Border and Shading
Cara ini sangat efektif dan relatif cepat jika tabel yang akan kita atur bordernya memiliki pola penggarisan tertentu. Untuk lebih jelasnya lihat contoh penggunaan dialog Border and shading berikut:
1. Pertama-tama pilih tabel yang akan di atur. Sorot / blok sel yang akan diatur bordernya, misal untuk semua baris data (kecuali header). Setelah itu klik kanan pada area yang sudah di blok tadi. Pada popup menu yang muncul klik Border and Shading

 

2. Pada dialog Border and shading , pilih tab Borders. Lalu pilih sesuai keinginan kita.



 


C. Menyisipkan Rumus Sederhana Menggunakan Formula dengan Benar
Formula pada microsoft word adalah tool yang berfungsi untuk menyisipkan rumus pada tabel di microsoft office word seperti halnya pada rumus yang sering digunakan pada microsoft excel. Formula pada ms word biasanya disisipkan pada tabel karena memang diperuntukan untuk menghitung seperti halnya pada ms excel. Sehingga pada saat data pada kolom tabel di rubah maka data yang lain akan menyesuaikan dengan data yang ada.
 

Pada saat kita membuat tabel pada ms word, tentunya kita akan buat baris dan kolom, sehingga baris dan kolom ini harus sangat diperhatikan ketika kita akan menggunakan formula pada ms word. Untuk lebih jelasnya, ikuti contoh berikut ini untuk membuat formula pada microsoft word :
1. Langkah pertama buat tabel oada microsoft word. Selanjutnya isikan data sesuai dengan pada gambar berikut


2. Kemudian letakkan kursor pada cell dimana rumus akan di isikan. Selanjutnya klik layout pada menubar, kemudian pilih formula pada group data. Maka akan muncul jendela formula.

 

 3. Isikan rumus atau formula pada menu formula, seperti halnya pada contoh diatas kita akan mengalikan antara 2 dan 3. Yang harus kita pahami adalah letak dari angka 2 dan 3. Angka 2 terletak pada cell A2 sedangka angka 3 terletak pada cell B2, sehingga kira membuat formula " =A2*B2" . Selanjutnya klik OK dan lihat hasilnya.


 


Semoga Bermanfaat~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar