Kamis, 03 November 2016

Materi E-Learning Modul 8 : Mengoperasikan Dasar-Dasar Microsoft Office Excel 2007

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang mengoperasikan dsar-dasar Microsoft Office Excel. Selain Ms. Word di atas, aplikasi yang terkenal dari Ms. Office adalah MS. Excel. Aplikasi ini digunakan untuk pengolahan data berupa angka dan sangat membantu akuntan, administrasi ataupun untuk perusahaan yang membutuhkan pengolahan angka. Melalui aplikasi ini perkantoran bisa dengan mudah menyusun laporan keuangan maupun laporan pengolahan aritmatika lainnya.
 

1) Mengenal  Sel dan Range, Membuat dan Memanipulasi Worksheet Baru



 
Sel adalah perpotongan antara kolom dan baris. Misalnya sel A1, berarti terdapat perpotongan pada kolom A baris ke 1, sel B5 berarti terdapat perpotongan pada B baris ke 5.

Range adalah kumpulan sel pada wilayah tertentu. Misalnya range A1:B5, berarti kumpulan sel yang dimulai dari A1, A2, A3, A4, A5, B1, B2, B3, B4, B5. Range F5:G7 berarti kumpulan sel yang dimulai dari F5, F6, F7, G5, G6, G7.







Menghapus Isi workbook, berikut cara menghapus isi dalam Workbook. 
1. Menghapus isi sel. Jadikan isi sel yang akan dihapus sebagai sel aktif > tekan Delete pada keyboard anda. 2. Menghapus isi range. Buatlah range yang isinya akan dihapus > tekan Delete pada keyboard anda. 
3. Menghapus Worksheet. Klik kanan lembar sheet, maka akan muncul manu popup > klik Delete pada menu pop‐up tersebut. 
4. Menghapus Workbook. Buka Windows Explorer > Blok File yang akan dihapus > tekan Delete pada keyboard anda.


2) Fasilitas AutoFill (memasukan data secara berurutan)





3) Membuat Tabel dengan Menggunakan Border

Pada keadaan awal MS Excel tidak ada border (garis-garis pembatas) antar selnya. Walaupun pada saat kita bekerja di MS Excel seperti ada kotak-kotak. Tetapi pada tampilan saat di cetak (di print) garis-garis pembatas tersebut akan hilang. Agar garis-garis pembatas atau border tersebut muncul, perlu kita atur. Adapun cara memunculkan garis-garis pembatas tersebut adalah seperti gambar dibawah ini :


Semoga Bermanfaat~






Tidak ada komentar:

Posting Komentar